Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word




Kali ini saya update postingan Cara Mentranslate PDF Bahasa Inggris, banyak dari teman-teman yang mengeluhkan tidak bisa translate PDF lebih dari 10 halaman (ya itu salah satu kekurangan menggunakan google docs, namun masih banyak kelebihan menggunakan Google Docs). :D
Memang sebelumnya saya hanya berbagi Cara Translate PDF Bahasa Inggris untuk para
mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi untuk memudahkan translate jurnal. Tau sendiri kan, halaman pada jurnal ilmiah rata-rata tidak lebih dari 10 halaman hehehe.

Langsung saja, alat yang dibutuhkan cukup mudah, diantaranya sebagai berikut:

1. Komputer'/Laptop
(spesifikasi standar, karena nantinya semakin banyak halaman semakin berat dan bisa mengakibatkan komputer hang)

2. Microsoft Office Word 2010
 (saya belum mencoba untuk versi 2010 kebawah). bisa di download secara resmi disini)

3. Koneksi Internet

4. File PDF yang akan ditranslate

hanya itu saja alat yang dibutuhkan untuk Translate PDF Bahasa Inggris. Sekarang langkah yang dilakukan :

1. Siapkan File PDF


Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word
Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word 1


2. Buka File PDF menggunakan office, klik kanan -> open with -> Word (desktop). Saya menggunakan Microsoft Word 2013


Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word
Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word 2


3. Jika muncul pesan seperti gambar dibawah, check box kemudian klik "Ok"


Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word
Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word 3


4. File PDF akan terbuka dari Microsoft Word 2013


Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word
Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word 4



5. Pilih tab "Review" seperti gambar dibawah
Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word
Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word 5



6. Klik Translate -> Pilih Translate Document . lihat gambar dibawah
Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word
Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word 6



7. Jika muncul pesan seperti dibawah, klik "Send" . Disini kita membutuhkan koneksi internet agar Microsoft Word melakukan Translate PDF Bahasa Inggris. Tunggu sebentar, proses berjalan sesuai banyaknya halaman


Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word
Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word 7



8. Dan Hasil translate akan muncul pada browser anda (firefox / google chrome / dll) . yay! :D

Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word 8



Dari hasil diatas, untuk bahasa yang bukan bahasa inggris tidak akan diterjemah. Mudah kan? ya itu salah satu kelebihan menggunakan Microsoft Word. Namun file PDF yang telah di translate bahasa inggris tidak dapat disimpan ke dalam file, atau hasil translate tadi bisa di copy lalu paste kan ke microsoft word.

Demikian tutorial Cara Translate PDF Bahasa Inggris - Menggunakan Microsoft Word , Tutorial Cara Translate PDF yang lain bisa teman-teman lihat disini

Selamat BELAJAR, Semoga tulisan saya bermanfaat. Terima kasih ! :D

32 comments:

  1. makasih buat caranya.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. numpang tanya gan, ini apa harus pakai word 2013??? ane punya word 2010 kok gak bisa? thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di menu Review-> Translate masa gak ada kak?
      saya sudah coba di word 2007 ada kok, apalagi 2010 hehe
      yang bikin beda hasil translatenya, lebih bagus yang 2013 :)

      Delete
  3. Kalo pdf nya hasil scan bisa gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai google drive bisa mas
      gambar yg di pdf nanti jadi text, pastinya ada beberapa text yang gak rapi :))

      Delete
  4. Ketika membuka file pdf ke microsoft word 2010 yg muncul itu menu file conversion, yg terdiri dari windows (default), MS-DOS dan Other encoding, apa yg dilakukan dgn perintah tersebut? Kenapa tdk muncul perintah seperti digambarkan, apa yg harus dilakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, sy juga begini... mohon pencerahan yang sudah berhasil melewati step ini... :) terima kasih.

      Delete
  5. kalo sampe 700 page bisa kaga ya

    ReplyDelete
  6. Terimakasih banyak, kak
    Sangat Bermanfaat

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas ilmunya.
    Karena dapat saya terapkan juga pada Microsoft Office Word 2007.

    ReplyDelete
  9. Maaf kak..kok pas mau buka file pdf nya tidak ada pilihan word?

    ReplyDelete
  10. keren gan, semoga ilmunya berkah thnk

    ReplyDelete
  11. maaf kak kata-kata dan kalimat hasil translatenya kok terbalik-balik yah,, jadi saya tidak mengerti saat membacanya

    ReplyDelete
  12. trimakasih ilmunya sangat membantu.....

    ReplyDelete
  13. kok gak bisa..??? saya pakek ms 2007. pas klik open yng muncul bukan tulisan malah angka angka?? gimna ya??

    ReplyDelete
  14. Ini bahasanya bener kan gan ? Atau acak acakkan kaya google translate ?

    ReplyDelete
  15. thanks a lot bang, manfaat sekali

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah bisa dipraktekin, makasih yah ka

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah bisa dipraktekin, makasih yah ka

    ReplyDelete
  18. makasih banyak kak.... sangat membantu.... :)

    ReplyDelete
  19. selamat siang pak, ini serius aplikasiya pak?
    menggunaknnya?

    ReplyDelete
  20. Lalu hasil translate nya itu ke simpan dimana ya?
    Jika mau buka lagi.

    ReplyDelete